Home > Uncategorized > Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran dapat secara singkat diartikan dengan rambu-rambu yang mengatur pola dan langkah pemasaran produk pada konsumen. Bagi pebisnis, keberhasilan pemasaran produk hingga sampai di tangan konsumen adalah semacam kesuksesan besar dan inti yang diidamkan oleh semua pebisnis tak peduli apapun produk yang mereka jual. Kalkulasi kecilnya saja, ketika seorang konsumen membeli sebuah produk dan merasakan manfaatnya, makan si konsumen cenderung akan memberitau kawan atau kerabatnya mengenai kualitas produk tersebut. Si kerabat akan memberi tau temannya, dan begitulah seterusnya. Berdasarkan hal itulah, banyak pebisnis yang menjadikan kesuksesan distribusi barang pada konsumen akhir adalah barometer kesuksesan bisnis mereka secara umum. Sebab itulah, dalam rangka mewujudkan kesuksesan tersebut, para pebisnis memutar otak dan mengerahkan semua daya upaya dan intelektual yang dimilikinya untuk merancang, memilih, dan mengotimalkan manajemen pemasaran.

Apapun model manajemen pemasaran yang Anda pilih untuk bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkannya sehingga Anda pun akan mendapatkan hasil maksimal. Optimalisasi manajemen pemasaran salah satunya dapat dilakukan dengan konsistensi dan evaluasi. Konsistensi berarti Anda tetap dan fokus pada satu jalur pemasaran dengan memaksimalkan hasil yang mungkin dan bisa Anda peroleh dari sebuah manajemen tertentu, sedangkan evaluasi adalah hal lain yang menjadi semacam tindak lanjut dari konsistensi tersebut. Katakanlah misalnya salah satu manajemen dan trik pemsaran Anda adalah dengan memberikan diskon yang menggiurkan pada konsumen agar mereka semakin tertarik untuk membeli dan memilih produk Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan berapa lama trik tersebut akan dipakai, dan selanjutnya Anda dapat mengevaluasi apakah trik tersebut memberikan hasil yang signifikan atau tidak. Dalam hal ini, ada baiknya Anda memberikan informasi resmi kepada konsumen sehingga mereka mengetahui dengan pasti masa belaku promo diskon produk Anda serta kemungkinan adanya perpajangan waktu promo. Dengan menerapkan dua langkah ini saja, Anda berpeluang besar untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan manajemen pemasaran Anda untuk mendapatkan hasil dan output yang juga maksimal.

&

Manajemen Pemasaran Jasa

Manajemen pemasaran jasa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manajemen produk, meskipun titik tekan kedua bisnis tersebut cukup berbeda. Para pebisnis yang menjual produk menitikberatkan pada kualitas dan popularitas produk, sedangkan pebisnis jasa lebih menekankan pada kepuasan konsumen, keramahan dan profesionalitas customer service, serta berbagai insentif agar konsumen secara rutin menggunakan jasa yang dipasarkan. Jika Anda adalah pebisnis yang menawarkan jasa, Anda harus merancang dan mengaplikasikan manajemen pemasaran jasa sehingga setiap orang yang belum menjadi konsumen Anda dapat tertarik untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan dan para konsumen Anda akan kembali memakai jasa Anda. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda prioritaskan.

Pertama, selektif dan profesional dalam memilih karyawan. Berbeda dengan bisnis produk, bisnis jasa mengharuskan Anda lebih selektif memilih karyawan khususnya karyawan yang akan berinteraksi langsung dengan konsumen. Amat banyak konsumen yang berhenti menggunakan sebuah jasa bukan karena jasa yang ditawarkan kurang berkualitas atau menjanjikan, akan tetapi lebih karena mereka tidak menyukai sikap kurang ramah dan kurang professional dari para karyawan di biro jasa tersebut. Kedua adalah membuat branding Anda popular dan familiar di tengah masyarakat. Semakin popular branding Anda, semakin banyak  orang yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda dan mengaikan jasa yang ditawarkan para pesaing Anda. Untuk keperluan ini, Anda bisa ikut berparitsipasi dalam even-even lokal, regional, maupun nasional, bekerjasama dengan brand produk yang sudah terkenal, atau memperbanyak jumlah kantor cabang Anda.

Strategi ketiga yang dapat Anda lakukan adalah melibatkan konsumen dalam roda bisnis Anda, semisal meminta pendapat mereka mengenai pelayanan bisnis Anda, menyediakan kotak saran, memberikan lembar testimony, atau meminta saran mereka untuk promosi bisnis atau kebijakan lain. Dengan melakukan tiga hal tersebut. manajemen pemasaran jasa tidak hanya akan jitu memberikan hasil dalam jangka waktu yang pendek, akan tetapi juga menjanjikan untuk hasil yang berkelanjutan di masa-masa yang akan datang.

 

Categories: Uncategorized Tags:
October 11th, 2010 Leave a comment Go to comments